Loading

Selasa, Maret 10, 2009

Kapan Kita Dapat Menikmati Akses Internet Murah

Akses internet saat ini merupakan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi kita yang menggunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk usaha, mencari data untuk sekolah, membeli perangkat lunak dan lain-lain. Untuk memdapatkan akses internet ini kita harus dibebankan biaya yang mahal dari operator penyedia jasa internet (ISP). Sudah banyak ISP di negara kita dengan tarif yang bervariasi yang dibebankan pada pelanggan. Biaya yang dibebankan pada pelanggan terbilang mahal dengan kualitas koneksi yang buruk.
_________________________________________________
PT.Telkom Indonesia (Speedy)
Paket cermat : Abodemen Rp. 75.000,- dengan pemakai 15 jam/bulan (RP.5000/jam), kelebihan kuota Rp 75/menit (4500/jam). Paket ini yang paling mahal kalau dihitung dari pemakai perjamnya dibandingkan dengan paket lainnya dan belum termasuk biaya ppn, lebih mahal dari biaya sewa Warnet.

Paket 50 jam : Abodeman Rp.200.000, dengan pemakaian 50 jam/bulan (Rp.4000/jam), kelebihan kuota RP 25/menit (Rp.1500/jam). Biaya kelebihan kuota ini lebih murah tetapi kita harus membayar lebih dari Rp.200.000/bulan.

Paket volume base : Abodeman Rp.300.000/bulan, biaya Ini akan menjadi lebih mahal tanpa bisa kita kendalikan karena kita tidak dapat membatasi besarnya data yang kita ambil/kirim saat melakukan koneksi dan dengan paket ini sudah banyak orang kecewa karena membayar biaya lebih dari Rp.300.000 mungkin bahkan bisa mencapai lebih dari 1 juta biaya yang akan dibebankan pada Anda dengan koneksi sudah dilakukan.

Kalau dilihat dari paket yang diberikan semua pilihan yang diberikan semuanya mahal, tidak ada pilihan biaya murah yang diberikan pada pelanggan. Biaya paket tersebut sepertinya mengacu pada harga sewa warnet dan seharus bagi kita yang berlanggan di rumah mendapatkan harga yang lebih murah karena selain itu kita harus membayar biaya listrik rumah dan menggunakan komputer sendiri.
_________________________________________________
Pt. Indosat (IM2)
IM2 memberikan biaya yang murah untuk anda hanya RP.100.000/bulan (tanpa batas data) dengan kecepatan tinggi (HSDPA), tetapi akses kecepatan tinggi hanya akan anda nikmati bila kuota Rp.100.000 tidak terlampaui dan bila kuota Rp.100 rb sudah terlampaui kecepatan akses internet anda berjalan seperti keong ( 0 sampai 64 Kbps ). Bila kuota anda sudah habis maka anda harus berebut dengan pemakai lain untuk mendapatkan jaringan akses dan mungkin juga akses dialihkan ke jaringan yang lebih rendah (GPRS).
_________________________________________________

Semua pilihan mahal untuk dipilih, mahal tetapi kwalitas jaringan tidak stabil dan murah tetapi kecepatan akses setelah kuota habis menjadi secepat keong. BUMN yang seharusnya yang digunakan untuk menghidupi hajat orang banyak ini hanya mencari keuntungan semata dan tidak memberikan akses jaringan yang murah. Akses internet ini sangat penting untuk kemajuan bangsa kita dan merupakan pintu gerbang untuk menjadikan ekonomi kita mejadi lebih maju dengan melakukan bisnis online telah banyak dilakukan dan dengan meningkatnya ekonomei maka daya beli kit akan semakin meningkat sehingga akan memacu para pebisnis lama/baru untuk menyediakan barang dan jasa untuk di jual untuk kebutuhan kita.

Dengan teknologi internet pengetahuan kita akan semakin bertambah dan untuk mendapatkan informasi tidak perlu kita jauh-jauh pergi ke negeri orang, tetapi cukup dilakukan dari rumah untuk belajar online melalui e-learning. Sudah lebih dari 10 tahun akses internet masuk di negara kita, tetapi saat ini belum juga rakyat Indonesia mendapatkan akses internet murah dan kita hanya menunggu sambil menonton dan tersenyum dari setiap kebijakan yang telah dikeluarkan dengan pilihan biaya mahal yang diberikan.

Sebagai warga Indonesia kita semua berhak menuntut untuk mendapatkan akses internet murah dengan kwalitas QOS yang terjamin dan kita menunggu kembali untuk mendapatkan akses internet murah, tetapi sampaikan atau sampai ada operator dari luar Indonesia yang memberikan akses internet murah dengan kwalitas koneksi yang lebih baik, Apa mungkin terwujud akses internet murah bagi kita semua?

4 komentar:

  1. info berguna.....bisa jadi bahan pertimbangan kita ketika pilih koneksi internet...

    BalasHapus
  2. Good posting bermanfaat sekali ..internet murah siapa tahu pasca pemilu 2009 tambah murah neeh...

    BalasHapus
  3. Kalau SMART gmn Fren? katanya 300 rb dapet modem juga, untuk 6 bln. Jadi per bulan 50rb. Tapi aku juga blm chek kebenarannya.

    BalasHapus
  4. Hallo jason,
    Kalau untuk SMART secara detail saya tidak mengetahui,sebagai perbandingan anda dapat mengecek terlebih dahulu teknologi yang digunakan karena saat ini banyak operator yang telah menggunakan teknologi 3.5G (HSDPA) tetapi koneksinya selalu bermasalah alias lambat karena kuota bandwidth dibatasi atau kecepatannya diturunkan setelah kuota perbulan terlampaui.

    BalasHapus