Loading

Sabtu, Januari 24, 2009

Koneksi Telkom Speedy Yang Tidak Stabil

Untuk koneksi internet Saya menggunakan telkom speedy yang koneksinya selalu bermasalah, koneksi sering putus, dan lambat pada saat koneksi pada (jam kantor maupun diluar jam kantor/malam hari). Tidak stabilnya koneksi telkom speedy ini mengakibatkan banyaknya aplikasi atau data yang dikirimkan hilang apalagi pada saat downloads. Dengan terputusnya koneksi, download harus dimulai lagi dari awal lagi dan banyak waktu terbuang untuk menunggu koneksi kembali.

Koneksi telkom speedy tidak stabil dalam 1 jam pemakaian, koneksi terputus lebih dari tiga kali bahkan lebih dari itu. Juga alamat IP tidak stabil selalu berubah-ubah, perubahan IP membuat koneksi yang Saya lakukan dapat dilihat sebagai spamming saat koneksi pada website yang mencatat sesi koneksi alamat IP sebagai identitas pengguna. Bila koneksi terputus maka harus dilakukan login berulang-ulang dengan alamat IP yang berbeda-beda. Bayangkan bila dalam 1 jam / 1 hari kita koneksi dengan website tujuan dan koneksi terputus lebih dari 3 kali bahkan lebih maka ini membahayakan account kita.

Ada beberapa server yang berada di Amerika yang telah memblok IP telkom speedy dan mereka anggap ini membahayakan karena alamat IP koneksi selalu berubah-ubah saat koneksi dengan mereka. Saya pernah mengalami ini, dimana server tujuan Saya yang berada di Amerika memperingatkan bahwa mereka selalu mencatat dan mendeteksi keberadaan Saya walaupun IP Anda berubah-ubah.

Kondisi seperti ini tidak bisa dianggap sepele, karena kondisi berbeda-beda alamat IP bisa anggap sebagai tindakan untuk mengelebui atau juga bisa dianggap akan melakukan perbuatan kriminal. Layanan telkom speedy ini tidak bisa melakukan koneksi yang dengan jumlah data yang besar atau koneksi pengiriman dan penerimaan data secara kontinue. Ini terbukti ketika Saya membuka 5 tab pada browser dengan kondisi 5 tab/5 website secara kontinue melakukan pengiriman/menerima paket data dan koneksi terputus (lamanya koneksi tidak bisa diperkirakan bisa 10 menit, 20 menit dsb).

Keadaan seperti ini sudah pernah Saya komplain, lambatnya koneksi, sering putus dsb. Tidak ada penyelesaian yang konkret dan telkom speedy yang selalu beranggapan komputer Saya/Anda yang bermasalah. Pada saat Saya menulis posting ini, koneksi telkom speedy sudah terputus lebih dari 20 kali dalam 1 hari. Kondisi sering terputusnya koneksi telkom speedy ini (koneksi tidak stabil) membuat Saya tidak nyaman menggunakan layanan telkom ini dan berencana untuk pindah kelayanan yang lain yang lebih stabil juga lebih murah.

1 komentar:

  1. saya juga mengalami hal yg sama,
    saya pernah komplain, katanya itu sudah dari sananya, maksudnya emang lagi ada yg salah atau yg lainnya, trus anda mau pindah ke layanan yg mana ? mohon jawabannya

    BalasHapus