Loading

Selasa, Februari 10, 2009

Cetak PCB Menggunakan Plastik Transparan.

Banyak cara untuk mencetak PCB,salah satunya adalah dengan menggunakan plastik transparan photocopi. Cara ini lebih murah dan hasil cetakannya cukup baik. Bagi anda yang belum mencoba cara ini mungkin sedikit tidak percaya atau memang tidak percaya. Bagaimana bisa plastik transparan dapat digunakan untuk mencetak PCB, plastik ini kan hanya digunakan untuk melakukan presentasi didepan kelas.

layout pcbPlastik transparan photocopi ini tahan terhadap panas,sehingga saat distrika atau dipanaskan tidak mengkerut atau meleleh. Langkah-langkah yang perlu dipersiapkan sama seperti pencetakan PCB pada umumnya yaitu:
1. Persiapkan layout PCB yang telah tercetak dikertas (letter/A4 dsb).
2. Pindahkan layout PCB yang telah dicetak pada kertas ke plastik transparan photocopi (di photocopi).
3. Siapkan PCB polos yang ukurannya disesuaikan dengan layout PCB and  PCB tidak perlu diamplas.
4. Pindahkan gambar layout PCB pada plastik transfaransi ke PCB polos dengan menggunakan strika, perkiraan waktu 3 sampai 4 menit.
5.Setelah selesai dipanaskan dengan strika, tunggu dingin atau celupkan kedalam air PCB yang tertempel plastik transparan kemudian angkat / lepaskan plastik transparan photocopi.
6.Periksa hasil cetakan di PCB, bila ada yang kurang bagus jalurnya hitamkan dengan spidol permanent.
7.Selanjut proses etching menggunakan feriklorida (FeCL3).
8.Pengeboran lubang kaki komponen dan pemasangan komponen.
9.Selesai.

Proses pencetakan PCB menggunakan plastik transparan ini mudah untuk dilakukan, tidak dibutuhkan biaya yang mahal, harga photocopy plastik transparan ini Rp.1000 s/d Rp.1500. Sangat murah bila dibandingkan menggunakan blueprint yang harganya kira-kira Rp.40.000 dan juga hasilnya tidak kalah dibandingkan dengan menggunakan kertas cetak PCB maupun blueprint. Pencetakan PCB menggunakan plastik transparan ini,tinta yang merekat pada PCB lebih kuat dibandingkan dengan media pencetak PCB lainnya.

Teknik pencetakan PCB ini lebih murah dan hasilnya juga bagus. Selamat mencoba dan menggunakan metode pencetakan PCB ini.

1 komentar:

  1. trmksh banyak ats share ilmu nya,sangat bermanfaat sekali utk memperkaya pengetahuanku mengenai cara bikin jalur pcb. thks

    BalasHapus