Loading

Rabu, Juli 14, 2010

USB Flash Disk sebagai RAM untuk PC/Laptop

Memori RAM (Random Access Memory) salah satu komponen yang paling penting untuk menjalankan PC atau laptop. Semakin besar kapasitas RAM maka PC/Laptop akan mampu menjalankan banyak program yang mengkonsumsi kapasitas memori dalam jumlah besar. Dengan memperbesar kapasitas RAM maka akan meningkatkan kecepatan akses PC/laptop dan meningkatkan kinerja kita.

Meningkatkan kinerja PC/Laptop memang perlu untuk dilakukan terutama bagi Anda yang selalu menggunakan PC/laptop sebagai perangkat kerja. Harga memori ini bervariasi tergantung besar kapasitasnya. Harga RAM untuk Laptop tentunya lebih mahal bila dibandingkan dengan RAM komputer desktop. Harga RAM untuk Laptop 1GB berkisar 300 rb sampai 400 rb dan ini cukup mahal bagi Anda yang tidak memiliki anggaran yang cukup.

Untuk mengatasi harga RAM yang terbilang mahal ini, Saya menggunakan USB Flash disk yang berkapasitas 1 GB sebagai pengganti RAM untuk Laptop yang Saya gunakan. Ini merupakan solusi tepat bagi Anda yang saat ini tidak memiliki anggaran untuk menambah RAM pada PC/Laptop Anda. Untuk mengaktifkan USB Flash disk sebagai RAM untuk Laptop, Saya menggunakan software dari eBoostr yang akan mengalokasikan semua Cache program pada windows XP ke USB Flash Disk 1 GB yang saya miliki. eBoostr tidak hanya mengalokasikan Cache program ke USB Flash Disk tetapi juga dapat digunakan untuk jenis memori lain seperti MMC, SD dan sebagainya.

Bagi Anda yang ingin menggunakan USB Flash Disk sebagai RAM untuk PC/Laptop silahkan ikuti instruksi berikut:

1. Download eBoostr.
2. Klik/Jalankan eBoostr untuk proses instalasi kemudian ikuti instruksi untuk selanjutnya hingga selesai proses instalasi.
3. Setelah selesai proses instalasi kemudian restart PC/laptop Anda.
4.  Setelah restart akan muncul eBoostr control panel, selanjutnya configure device memori yang akan digunakan sebagai cache, USB Flash Disk atau kartu memory lain yang telah Anda sediakan dan atur kapasitas memori yang Anda inginkan.
5. Setelah itu tunggu proses hingga selesai, dan selanjutnya akan muncul jendela “Do you want to build the cache file on the device now?”, pilih Yes untuk mengaktifkan USB Flash sebagai cache.
6. Proses selesai dan sekarang PC/Laptop Anda telah bekerja optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar