Loading

Minggu, Januari 03, 2010

Install Ubuntu dari Windows XP Menggunakan Wubi

Wubi merupakan tool yang disediakan Ubuntu untuk meng-installs Operating System Linux-Ubuntu pada Windows tanpa membuat partisi dan Wubi akan membuat folder Ubuntu sendiri di lokal disk pada komputer kita (C, D, E dan sebagainya). Saya menggunakan Wubi ini untuk meng-installs Ubuntu versi 9.10 Desktop atau Laptop. Saya meng-installs Ubuntu ini menggunakan Wubi melalui Windows XP Home Edition di laptop Toshiba Satellite A80 tanpa menggunakan CD atau Flash drive tetapi langsung dari lokal disk C dimana telah saya simpan source Ubuntu dari hasil download.


Ini adalah tampilan awal saat pertama kali Wubi saya running di Windows XP Home Edition. Untuk proses installasi, kita hanya cukup meng klik tombol "Install Inside Windows". Proses selanjutnya kita akan dibawa ke menu berikutnya untuk installasi Ubuntu ini.




Proses menu lanjutnya kita harus memilih dimana sistem operasi (OS) atau folder Ubuntu akan di install. Saya meng-install Ubuntu di drive E yang khusus saya sediakan untuk sistem Ubuntu.
Installation drive: Pilihan drive ini dapat anda pilih sesuai dengan banyaknya drive yang tersedia pada komputer Anda C, D, E, F dan lain-lain.
Language: Untuk bahasa Saya menggunakan English (US), terdapat banyak pilihan bahasa yang dapat kita gunakan. Bagi anda yang tidak familiar dengan bahasa Inggris, disini juga disediakan bahasa Indonesia yang bisa kita gunakan sebagai bahasa utama pada Ubuntu.
Username: Sistem Wubi akan mendeteksi secara otomatis nama admin dari komputer, ini dapat anda ganti atau biarkan saja sesuai dengan yang sesudah tertera.
Password: ini harus anda isi karena sistem Ubuntu membutuhkan itu untuk menjaga keamanan sistem Ubuntu dan password ini akan selalu ditanyakan sistem Ubuntu ketika anda mengakses files yang dilindungi oleh sistem agar tidak dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk proses selanjutnya klik tombol Install.


Proses menu Wubi selanjut melakukan ekstrak files ke lokal drive/disk yang telah kita pilih sebelumnya untuk proses installasi Ubuntu. Pada proses ini Wubi akan membuat bootable untuk Ubuntu di sistem Windows XP Home Edition dan setelah proses ekstrak files selesai maka Wubi akan meminta kita untuk me-reboot sistem Windows XP untuk proses installasi Ubuntu selanjutnya melalui sistem Ubuntu. Setelah reboot anda akan melihat 2 menu pilihan bootable, Windows XP Home Edition dan Ubuntu. Untuk melanjutkan installasi Linux-Ubuntu ini maka anda harus memilih bootable Ubuntu agar installasi Ubuntu menjadi komplit. Selanjutnya anda duduk manis sambil nonton TV atau makan dulu sembari menunggu sistem Ubuntu menyelesaikan tugasnya. Setelah Proses ini selesai maka anda telah memiliki 2 Operating Sistem: Windows XP dan Linux-Ubuntu.

Wubi saat ini telah disertakan pada source Ubuntu, tetapi kalau anda ingin memiliki secara tersendiri silahkan Download Wubi disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar